"Unzhur maa qaala walaa tanzhur man qaala.." [Ali ra]

Wednesday 4 June 2014

Lima Tipe Teman dan Lingkungan

KH. Jalaludin Asy Syatibi menjelaskan lima tipe teman dan lingkungan :

  1. Teman atau lingkungan yang bisa menjadi guru ibadah. Milikilah teman atau tinggallah di lingkungan yang bisa menambah kadar keimanan kita kepada Allah SWT. Milikilah teman atau tinggallah di dalam lingkungan yang bisa menambah kualitas keyakinan kita kepada Allah SWT. Tipe ini tipe teman yang baik atau lingkungan yang baik untuk ditinggali.
  2. Teman atau lingkungan yang bisa dijadikan teman untuk beribadah. Ini adalah teman atau lingkungan yang tidak begitu banyak ilmunya, namun selalu bersemangat untuk mencari ilmu dan semangat untuk beribadah. 
  3. Teman atau lingkungan yang bisa dijadikan murid ibadah. Teman atau lingkungan seperti ini mungkin tidak bisa mengajak, akan tetapi mau untuk belajar menjadi semakin baik.
  4. Teman atau lingkungan yang tidak bisa menjadi guru ibadah, tidak bisa jadi teman ibadah, tidak bisa menjadi kurid ibadah, tapi ia tidak mengganggu kita saat kita beribadah.
  5. Teman atau lingkungan yang tidak baik untuk didekati atau ditinggali. Yaitu teman atau lingkungan yang sangat kuat mempengaruhi kita untuk jauh dari ibadah atau melemahkan iman, atau yang diam-diam menyeret kita kepada kelalaian dan kemunafikan. 

No comments:

Post a Comment