"Unzhur maa qaala walaa tanzhur man qaala.." [Ali ra]

Senin, 07 November 2011

Keutamaan Ibadah Kurban


Sebagai salah satu wujud syukur nikmat kita pada Allah adalah menyembelih hewan kurban di bulan Dzulhijjah. Yaitu setelah didirikannya sholat ‘ied, dan dibacakannya khutbah pada tanggal 10 Dzulhijjah. Adapun penyembelihannya hingga hari-hari tasryik berakhir, yakni dari tanggal 11 dzulhijjah sampai tanggal 13 Dzulhijjah.
“Sesungguhnya Kami telah memberikan nikmat yang berlimpah. Maka dirikanlah Shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah” (Qs Al-Kautsar 1-2)

Bukannlah daging ataupun darahnya, tapi keyakinan, ketaatan kita pada Allah-lah yang Allah terima. Ketaatan kita dalam melaksanakan ibadah sesuai tuntunan Rasullullah, dan bermula dari Nabi Ibrahim. Keimanan Nabi Ibrahim sekeluarga diabadikan dalam pelaksanaan ibadah kurban juga ibadah haji.
“Tidak sampai kepada Allah daging dan darah qurban itu, tetapi yang sampai kepada Allah ialah taqwamu” (Qs. Al-Hajj 37)
hewan kurban ayah

Allah membalas dgn cepat pahala bagi orang yg melaksanakan perintah berqurban.... Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya pahala sedekah (qurban) itu sampai kepada Allah sebelum (daging) sampai kepada tangan orang yang menerimanya, dan darah hewan qurban telah berada dalam tempat disisi Allah sebelum darahnya mengalir di tanah. (HR. Ibnu Majah)
Mari...bahagiakan diri kita dengan berkurban di hari raya idul adha dari sebagian nikmat yang Allah anugerahkan. Pilihlah kurban yang terbaik, dari rezeki yang baik, penuh keikhlasan...
Rasulullah saw bersabda, “Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan itu akan datang pada hari kiamat sebagai saksi dengan tanduk, bulu dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan qurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu bahagiakanlah dirimu dengannya. (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim)

2 komentar: